Kamis, 04 Januari 2018

[2017 year in review] dramas


Tahun 2017 sudah berakhir, dan gue tetep aja males mengupdate blog untuk sekedar review barang separagraf atau dua paragraf. Gue pikir tahun ini juga gue terlalu males nonton drama dan hobi banget ngedrop drama sana sini. Atau apakah gue cuma sok-sokan punya standar tinggi buat picky nonton drama? ternyata setelah gue telusuri banyak yang berpendapat bahwa tahun ini mengecewakan. Jika kalian tidak sependapat, it's up to you guys hehe. cuma banyak drama yang ga klik buat gue tahun ini. Dalam menonton drama sendiri gue sangat percaya sama first impression (biasanya sih juga suka ngga padahal). Jadi ketika gue tertarik nonton drama biasanya bakal gue tonton dan yah mungkin ga selamanya mulus dan gue drop juga hehe. Kebanyakan drama yang gue tonton sampe abis bahkan pemainnya sampe jadian loh


Watched

Lingerie Girls Generation 1979
Status Completed
Country Korea
Here I am telling the reason why I watched this drama. Pertama ada Bona member wjsn salah satu girlgroup yang gue suka, buat kalian yang gatau wjsn itu sebuah girlgroup yang isinya 13 member (iya emang sekampung banyak banget).  Kedua, dari nonton teasernya aja gue udah suka banget ngingetin gue sama reply 1988. Terbuktilah keisengan gue benar. Drama satu ini tidak mengecewakan sama sekali. Kita diajak buat ngerasain perkembangan karakter dari pemeran utamanya. Kadang emang ngeselin sih tapi beberapa situasi emang relate ke dunia nyata. Ok semua karakternya ga terasa unreal sama sekali. Setting yang diberikan yaitu tahun 1979 juga ga kalah sama setting reply 1988 punya. Completely recommend this one, apalagi kalian pencinta reply series

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo
Status Completed
Country Korea
Kayaknya belum ada yang bisa mengalahkan drama ini untuk masuk ke list favorite saya di atas-atas. Tetep sukaaaak ini drama.

Tomorrow with You
Status Completed
Country Korea
Ekspektasi: Time Traveller's Wife versi Korea. Realita: ternyata saya soktau. Drama ini keren banget. Dari pengambilan gambar yang tone-nya gue gabisa deskripsiin tapi sangat warm banget. Cerita yang flownya calm banget. Unexpectedly ada humor-humornya juga. Jalan cerita yang susah banget ditebak maju mundur. Pairing yang unyu banget. Kalo kalian review mungkin banyak yang bilang ngebosenin karena ya emang plot yang disajikan drama ini. Coba mungkin kalian tahan beberapa episode.

Because it's my First Life
Status Completed
Country Korea
Suatu drama emang ga perlu diisi sama aktor top buat menjadi drama yang bagus, drama ini adalah jawabannya. Gue awal-awal ngira ini sebagai We Married as a Job rasa korea ternyata lagi-lagi gue salah. Ceritanya sangat heart-warming dan heart-fluttering secara bersamaan. Sehee (Lee Min Ki) adalah seorang programmer yang kaku banget (ok, at this rate I understand programmer-ville and he potrayed well) bertemu dengan Jiho, seorang wanita lulusan Seoul University/Korea University (pardon gue lupa yang jelas dia pinter) tapi cuma jadi asisten penulis drama yang biasa-biasa aja. Hingga suatu saat mereka terjebak di situasi mereka musti tinggal serumah, so dramaville isn;t it?
I love the awkwardness of two of them dan bagaimana mereka develop untuk otp mereka sendiri. dan finally gue bisa nemuin drama yang ngoding banget dengan latar di startup company.

Star of Universe
Status Completed
Country Korea
Suho Exo main drama dan cuma tiga episode, gamungkin gue skip  sih(walaupun gue aja belum nonton Andante).  Untuk setiap detailnya gue lupa ya mohon maaf, tapi gue inget ini bagus. Apalagi ending nya tuh. Gua ga bisa spoiler tapi tonton sendiri itu worth it kok cuma 3 episode.

Queen of Ring
Status Completed
Country Korea
Masih dari series yang sama yakni Three Color Fantasy. Ini tuh kayaknya project mbc untuk ngeluarin beberapa miniseries dan gue nonton dua dari tiga dan itu bagus-bagus. Singkat sinopsis, jadi ada seorang cewek yang punya cincin yang bisa ngubah muka dia gitu jadi cantik. Ya suatu hari dia naksir cowok dan deketlah mereka berdua dengan wujud si cewek yang biasa aja dan dapet cowok super tampan. Pas baca ini sinopsis tuh gue langsung penasaran banget sama ceritanya. Bakal gimana endingnya ya? dan mungkin bisa ketebak tapi suka banget plotnya. Ga ketinggalan sih as expected dari Kim Seulgi yaampun dia kocak banget tolong.

If We were Season
Status Completed
Country Korea
Yang pertama gue mau komentar kalo judulnya emang rada ganyambung sama ceritanya apa emang gue aja yang gatau korelasinya? The rest of it, I'm gonna say it's an worth-watching drama. Ceritanya emang standard kan kayak kisah childhood friends kebanyakan. Cuma satu episode dan ini bagus. Nah mungkin karena cuma satu episode ada beberapa bagian yang gantung tapi still ok dan dapat dimengerti. Ah suka pairingnya! bahkan second leadnya.

U-Prince: Single Lawyer
Status Completed
Country Thailand
U-Prince adalah sebuah proyek miniseri yang mempunyai 12 cerita dari masing-masing 'pangeran' yang berlatarkan fakultas yang berbeda di suatu kampus. Jadi semacam mereka tuh cowo-cowo ganteng yang representasi-in fakultasnya. Gue harus mulai darimana selain gue sukaaaaaaa banget sama series ini. Gue bahkan jarang rewatch ulang drama dan bahkan nonton ini sekali lagi. It is sexy, smooth, and fluffy exactly in one drama. Suka banget sama cewe sassy ketemu cowok cool yang rada-rada awkwardChemistry antara mereka tuh no joke. Gue tau ga semua dari kalian suka logat thailand, but please tahan-tahan buat drama yang satu ini! 

U-Prince: Badly Politic
Status Completed
Country Thailand
I think it is one point behind 'Single Lawyer', which is I still like it. Karakter-karakternya witty dengan humor eksplosif. Cherryma si karakter utamanya emang rada annoying tapi lama-lama gue get used to it sih. Satu hal yang bikin gue gaterlalu suka sih ini kayaknya fairytale banget soalnya emang dia pangeran beneran. Entah kenapa kalo khayalan banget di drama gue kurang suka.

Cambrian Period
Status Completed
Country China
Mari kita beralih sebentar ke sinetron dari negri bambu. Mungkin rada random gue nemuin drama ini. Jadi suatu hari gue lagi scrolling explore di Instagram. Sekilas info masa-masa itu saat gue suka-sukanya dengan manusia-manusia Produce 101 yang mungkin sekarang kalian lebih familiar dengan nama Wanna One. Sampailah ketika gue melihat ada sesosok mahluk yang gue bingung. Ini siapa? Kok mirip Park Ji Hoon? Bukan, dia mirip Bae Jin Young.... gatau deh dan gue terdampar ke sinetronnya ini dan dia adalah Hou Ming Hao sang pahlawan utama kita. Gue tidak menyesali cara gue menemukan karena drama ini sangatlah bagus. Gue biasanya nolak drama gangster-gangsteran tapi karena ini di-mix sama misteri dan ada lovestory jadinya why not. Karakter perempuan di sini juga punya andil yang kuat, gue rasa baru nonton juga langsung suka dengan karakternya. Hmmm, awal-awal gue sempet ragu sama pairing mereka. Physically-nya juga karakter Hou Ming Hao tuh kayak anak kecil gitu (coba bayangkan bae jinyoung atau park jihoon gitu ketemu cewek umur 25-an) ternyata chemistry mereka turns out good. Misteri yang disajikan tuh beneran rumit dan rada gloomy. Adegan actionnya menurut gue rada mencengankan sih kayak berlainan banget sama mukanya si pahlawan kita yang sangat babyface itu. Sayang sih endingnya rada gantung. Ternyata emang mau dilanjutin di season 2 tapi ya ngga gitu juga

Suspicious Partner
Status Completed
Country Korea
Ji Chang Wook adalah sebuah alasan yang solid untuk menonton sebuah drama. Dan akhirnya nonton drama dia tanpa tonjok-tonjokan lagi atau nodong pistol. Terima kasih pula director-nim dan writer-nim untuk membuat karakter Ji Chang Wook tidak 100% perfect di drama ini. Hmm gimana ya itu kayak art of nonton drama yang gue harapkan sih, the more relatable the more ok. Nam Ji Hyun menurut gue luarrr biasa dalam me-live up karakternya. Karakter Eun Bong Hee adalah seseorang yang gila banget sehingga secara kocak dimainkan dengan apik oleh Nam Ji Hyun. Suka juga relationship orang-orang di lawfirm. Shoutout buat anak kecil yang suka tiba-tiba main ke lawfirm itu btw dia gemes banget. Sayangnya gue kurang terlalu menikmati jalan ceritanya ketika tiba-tiba berubah makjang dan relationship jihyun changwook yang super lovey dovey mengudara. Entahlah menurut gue rada too much sih

Master Devil Don't Kiss Me
Status Completed
Country China
I am so excited when I found this. Wah ini kayaknya seru. Mengingatkan sama drama Naughty Kiss dari segi cerita. Kita juga menemukan ibu yang sama suportifnya sama kayak di franchise Naughty Kiss. Gue gamau komentar soal OTPnya karena sebenarnya fine-fine saja. Tapi karakter cewenya tuh lama-lama bikin sebel. Beda term ketika menjadi strong girl dan menurut gue dia udah lewat batasan. Banyak ceritanya menurut gue isinya konflik childish dan itu berasal dari orang dewasa. Gue memutuskan tidak melanjutkan season dua walaupun banyak scene-scene unyu di season satu tapi yasudahlah
Full review here

Good Morning Call
Status Completed
Country Jepang
Sebuah drama lain yang mengingatkan gue dengan Naughty Kiss. Gue ga nyangka untuk menikmati drama ini lebih dari yang gue bayangkan. Akhirnya gue menemukan dorama yang sama membahagiakannya sama kayak gue baca komik. Lagi-lagi house sharing bisa jadi tema yang biasa untuk plot cerita tetapi tetep aja gue tonton. Karakter Nao yang polos bisa membuat gue tersenyum karena cocok banget buat pemainnya dan cocok juga buat Uehara-kun sang manusia super-cool. I like this one better than Naughty Kiss, of course.

My Secret Romance
Status Completed
Country Korea
Plot dari drama ini ga seperti drama biasanya diceritakan kebalik dari drama pada umumnya. Selain itu gue cukup tertarik karena ini drama perdana OCN. Tetapi kayaknya belum cukup kuat untuk jadi kick starter yang baik. Lama-lama membosankan dengan konflik yang gue rasa dibuat-buat. Penulisnya kayak kelabakan ini harus munculin scene kayak gimana duh secara scene puncaknya kan udah ada di awal-awal. Gue juga gatau kenapa drama ini gue selesaikan. But yeah it's not that bad either.

Fight for My Way
Status Completed
Country Korea
Ini salah satu drama yang gue tunggu-tunggu. Ceritanya tentang keempat orang yang berusaha meraih mimpi mereka dan cinlok tentunya. Sounds realistic enough right? Tetapi sayangnya gue tidak mencintai drama ini seperti kalian. Gue suka karakternya, ide ceritanya, konfliknya dan tentunya humornya. Ditambah cerita yang lebih terasa real dari drama kebanyakan. Entah kenapa gue cuma kehilangan point of excitement dari drama ini. Mungkin aneh sih kalo gue bilang gini, oke gue kurang sreg ketika OTP-nya ...make out terlalu sering. Butterfly on my tummy pun juga ikut memudar gitu loh lama-lama nontonnya hadu. Overall gue suka-suka aja sih tapi gapake banget hehe.

Strong Woman Do Bong Soon
Status Completed
Country Korea
Wah gue pikir akan mendapatkan another version of Kim Bok Joo. Tapi ini okelah. Park Bo Young tuh imut banget dan pemain yang 1000% sync untuk Bong Soon. Wah akhirnya Park Hyunsik jadi pemain utama dan yesss dia secara bagus di sini. Sekali lagi gue akan mendapati second lead syndrome dengan orang yang sama yaitu Ji Soo. Let's say Strong Woman Do Bong Soon adalah tontonan yang seru-seru aja. Ada beberapa sisi yang komikal yang memunculkan tanda tanya di kepala tetapi beberapa hal lain terasa lucu. Belum lagi chemistry 2-Park couple yang unyu banget

Back to 1989
Status Completed
Country Taiwan
Jadi drama ini tayang dari 2016 tapi karena gue baru nonton tahun 2017 dan belum sempet gue review, jadi mungkin sedikit saja gue sampaiin. GUE SUKA BANGET DRAMA INI. mulai dari settingnya. suka banget baju-baju mereka tuh menjiwai tahun itu udah berasa nonton drama lawas didukung sama makeup mereka dan latarnya juga, OTP nya unyu banget parah. Satu lagi yang bikin penasaran gitu kan cowonya time travel gitu jadi ada beberapa misteri yang bikin kepo. sayang mungkin minus poinnya di ending. endingnya kayak rada keburu-buru jadi eksekusinya ada beberapa hal yang bikin hmmmm...

Last Minute Romance
Status Still Watching
Country Korea
Biasanya gue bakal langsung say no no kalo liat drama yang salah satu tokohnya kena sakit lah, beberapa hari lagi hidupnya, or something yang melodrama-ish lainnya. Mungkin karena pendek juga jadi gue tonton saja. Somehow it's funny and much more fun than I thought. Gue belum nonton sampe abis tapi mungkin bakal sedih. Gapapa sih harusnya asal pembawaannya saja

Father is Strange
Status Still Watching
Country Korea
Jadi akhir-akhir ini tuh gue sendiri ngaku kayak kehabisan tontonan karena emang ga ada yang menarik buat ditonton. Secara jumlah, drama di tahun ini jumlahnya meningkat dari sebelumnya. Tetapi emang belum ada yang bisa menarik hati seperti tahun sebelum-sebelumnya. Akibat kebosanan itu, jatuhlah pilihan kepada drama ini berbekal omongan orang-orang yang bilang ini bagus. Sempet ragu karena ini 52 episode dan akan jadi drama weekend pertama yang gue tonton. Lalu tebak apa..... gue sehari bisa langsung abisin berepisode-episode. Sekarang gue udah abis setengahnya. Drama ini mengangkat ya ga jauh-jauh dari ala-ala makjang. birth secret lah, calon mertua rempong, pertengkaran emak-emak, nangis-nangis bombai, etc etc. Namun! cara pengemasan drama ini tuh ga drama banget kaya drama weekend seperti biasa. Dimana ada sedikit sentuhan romance yang membuat dugun dugun dan pembawaan humor lucu dari karakter-karakternya yang unik. Possibly gue bakal suka sih dan nonton sampe abis.

The Perfect Match
Status Still Watching(?)
Country Taiwan
Honestly gue gatau kapan drama ini bener-bener selesai. Gue ngikutin pas lagi on-going dan drama ini di-extend beberapa kali karena emang yang nonton banyak. Gue skip dua episode akhir dan gatau mau ngelanjutin atau ga. Feeling gue berkata kalo dua episode terakhir itu cuma dipanjang-panjangin aja mungkin jadi gue gatau mau lanjutin apa ga. Drama ini seputar makanan, sayang judulnya kurang menjual untuk foodgasm. All I can say the story itself is standard, and the characters mostly found in dramaland. Gue masih enjoy btw, cuma mungkin banyak part yang musti di-improve. Ivy Shao di sini punya karakter yang lebih kalem dibanding di Back to 1989. Btw gue suka banget Back to 1989 makanya nonton ini. Karakter Wei Fen Qing sendiri ya tipikal pemeran utama yang hidup susah terus punya fighting spirit yang tinggi untuk jadi pahlawan di local street food fest sekitar. Bertemulah dengan pangeran kita semua yang istilahnya rival di awal. The rest of it... tebak sendiri. Jederrr love sparks love sparks

Princess Hours Thai
Status Still Watching(?)
Country Thailand
Gue selalu penasaran sama remake yang dibuat rumah produksi Thailand. Kualitasnya selalu lumayan. Episode awal-awal lakorn (drama thailand) ini beneran sejalan sama ekpektasi gue. Seru banget. Princessnya sendiri menurut gue cocok sama karakternya cheerful, lucu, dan seru banget. Gue udah nonton beberapa kali akting dari aktor yang mainin Prince In, dan gue rasa ini tuh cocok banget sama dia. Dia bisa membawa karakternya  cool 'in elegant way'. Wah latar kerajaannya bagus-bagus banget sih gila. Sayang sih karena ini Thailand punya jadi subnya sempet ngadet gitu, gue lama-lama hilang mood nontonnya jadi skip. Gue ga bermaksud skip tapi jadi lupa udah nonton episode berapa, hadu maaf sodara-sodara

You're My Destiny
Status Dropped
Country Thailand
Another franchise, another thai lakorn. Tentu gue punya ekspektasi buat drama ini. Awal-awal masih oke sampe di tengah-tengah udah kesannya drama banget. Istilahnya lovestory nya belom mekar tapi udah dikasih konflik konflik sana sini. Sangat keciwa

Bride of God Water
Status Dropped
Country Korea
Gue udah baca komiknya dan itu bagus banget. Mulai dari sisi romance-nya, fantasy, dan art nya. Sayangnya itu komiknya, di drama ini sedikit mengatakan yang sebaliknya. Pertama-tama mari kita apresiasi latar pengambilan gambar dan animasi dari drama ini yang ga kalah sama Goblin. Mengacu ke komik, gue ga bisa ngerasain apa korelasinya selain judul aja yang sama. Maksudnya ceritanya sendiri udah beda jauh banget. Nam Joo hyuk gue rasa bukan orang yang tepat untuk memerankan sosok Habaek. I love Nam Joo Hyuk in Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, but not in this one. Shin Se Kyung sebenarnya ga seburuk itu seperti yang dikatakan orang-orang tetapi ga bisa sebagus itu untuk menyelamatkan drama ini dan pairingnya sekalipun. Bahkan kecintaan gue kepada Krystal juga tidak bisa buat gue nahan beberapa episode lagi. Btw Krystal beneran cocok sama peran ini dibanding peran dia yang sama Bi Rain waktu itu. duh jauh ya.

School 2017
Status Dropped
Country Korea
Gue ga masalah dengan acting Kim Sejeong yang katanya tidak bagus. Bagian yang heart-fluttering banyak banget baik dari main lead dan second leadnya. Terus gue kenapa drop? hmmm pencarian mister X menurut gue rada frustating. Oy ini school series. Banyak hal juga yang ga makes sense kejadian di sekolahan. mungkin ada tapi too cruel sih. Kayak nilai lo dipajang gede-gede dan dapet makan sesuai urutan nilai. Plis itu diskriminasi banget.


You're not missing any, I automatically skipped them
Selamat datang di section paling bias di postingan ini


Goblin
Country Korea
Temen-temen gue nyuruh gue ngasih kesempatan buat drama ini. I tried. 1 episode. Itu kan masih intro doang ya belum kelihatan apa-apa. Gue udah semacam trauma nonton karya penulisnya (I love secret garden btw). Ini antimainstream pasti karena gue tau banyak dari kalian suka banget sama sebangsa DOTS, the heirs, dan goblin ini contohnya. I actually cringed so hard. Kalimat-kalimat cheesy-nya ituloh. Entahlah gue belum menemukan alasan buat duduk anteng nonton ini.

Legend of the Blue Sea
Country Korea
Gue baca reviewnya. Semacam tidak tertarik. Udah gitu aja.

The Liar and His Lover
Country Korea
Meeeeen, ini di Jepang udah kayak masterpiece. Walaupun gue belom nonton juga. Secara kasatmata karakter Lee Hyun Woo bukan orang yang pas buat megang karakter ini. Lee Hyun Woo is all about baby face dan mungkin dia sendiri mau memecahkan stereotypenya itu. gue liat based on clipnya masih kurang sih. Buat Joy sendiri ini baru debut acting-nya, gue suka Joy dan gue sebenernya ragu buat peran ini hft. Turns out orang-orang juga bilang yagitu.

While You Were Sleeping
Country Korea
Ini apa cuma perasaan gue karakter yang dimainkan Lee Jong Suk mirip mirip terus. Gue masih inget dia jaman dahulu main drama yang kayak school 2013 jadi anak nakal terus di secret garden jadi gay tapi sekarang repetitif banget perannya. Seseorang dengan background story cukup kelam, jadi pahlawan dengan suatu kekuatan super. Turns out emang penulisnya juga ngarang itu itu aja. Bonus, gue ga terlalu suka Suzy rambut pendek.


Calm Down, I'm going to Watch These Anyway

List beberapa drama yang pengen gue tonton


Age of Youth 2
Country Korea
Gue yakin ini bagus. Gue suka banget yang pertama dan belum sempet aja nonton yang kedua. akan gue tonton.

A Love so Beautiful
Country China
Untuk drama cina banyak banget loh yang bilang ini bagus. Sayang gue telat aja discovernya. Ini udah masuk list gue karena katanya bakal mirip-mirip itazura na kiss dengan versi cowo lebih ga se-cool dan stiff di itakiss.

💛💛💛

Jadi itu beberapa drama yang sudah, akan, dan tidak akan saya tonton untuk 2017 ini. Terima kasih sudah menyempatkan waktu berharga anda untuk sesuatu yang tidak berharga. apa drama favorit kalian? gue masih buka banget buat rekomendasi drama loh! makasih semuanya :)



0 komentar:

Posting Komentar